Jaminan 100% SEO

Layanan Premium CB menjamin Skor SEO blog versi Chkme 100%. CB melayani instal setting template sesuai dengan demonya.

Layanan Premium CB

CB Blogger melayani jasa Pembuatan Blog dengan Template SEO Friendly Pilihan plus Setting Standar SEO Google. Order Sekarang!

Free Consultations

Konsultasi gratis di halaman Konsultasi. Konsultasi via email cbblogger2014@gmail.com hanya untuk Layanan Premium klien.
Home » » Mengenal Teknologi Monitor LCD CRT & LED

Mengenal Teknologi Monitor LCD CRT & LED

Posted by Erix D. Wardhana
KOMPUTER FiX, Updated at: Wednesday, April 06, 2011

Monitor LED
Dulu kita lebih mengenal teknologi monitor yang biasa digunakan adalah teknologi CRT ( Cathode-Ray Tube ) dan LCD ( Liquid Crystal Display ). CRT yang tentunya monitor tabung yang besar, banyak menyita ruang meja kerja, boros kosumsi listrik dan LCD adalah monitor yang tipis, lebih sedikit kosumsi listriknya. Dari 2 jenis monitor tersebut pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Tahukah anda bahwa monitor LCD ( Liquid Crystal Display ) sebenarnya tidak ramah lingkungan? Sebab, ketika layarnya dinyalakan dengan menggunakan tabung-tabung fluorescent (biasanya ada empat), terbentuklah uap merkuri (air raksa) bertekanan rendah. Nah, merkuri (Hg) ini adalah produk yang berbahaya, yang jika dibuang begitu saja akan mencemari lingkungan. O ya, tabung-tabung fluorescent/neon itu namanya Cold Cathode Fluorescent Lamp (CCFL). Para Grafik Desainer yang lebih memilih monitor CRT ( Cathoda Ray Tube ) karena memiliki kualitas warna yang lebih baik.

Nah sekarang ini eranya serba hijau CCFL yang tidak ramah lingkungan mulai digantikan dengan yang ramah lingkungan. Solusinya adalah dengan mengantikan dengan teknologi LED ( Light Emitting Diode ), menggunakan teknologi dioda sehingga bisa menggantikan neon CCFL yang dipakai di LCD. Lebih terang daripada LCD dan lebih fokus.

Kunggulan-keunggulan LED Monitor :
Kemampuan menghasilkan detail gambar yang lebih halus dan lebih sempurna dibandingkan dengan LCD monitor. Selama ini LCD monitor banyak dikeluhkan oleh pengguna komputer yang bekerja sebagai desainer grafis, yaitu kemampuan gambar yang dihasilkan oleh LCD tidak sehalus gambar yang dihasilkan oleh CRT monitor. Karena menggunakan LED,

Dipastikan tidak menghasilkan flicker (kedip) lebih sering (diistilahkan sebagai “flicker free”).Pencahayaan yang dihasilkan oleh LED lebih stabil dibandingan dengan LCD, sehingga kestabilan cahaya dan warna, serta ketajamannya bisa terjaga selama monitor digunakan.Konsumsi energi yang digunakan lebih sedikit (40 % lebih hemat) dibandingkan dengan LCD monitor yang masih menggunakan lampu fluorescent sebagai pemancar cahaya.

Nah hal inilah yang diperbaiki oleh LED monitor, sehingga nantinya seorang desainer grafis bisa memilih LED monitor sebagai media kerjanya.Umur lampu LED lebih lama atau mempunyai masa pakai yang lebih lama dibandingkan LCD monitor.LED monitor dibandingkan dengan LCD monitor akan mempunyai berat yang lebih ringan, disamping itu ketebalannya akan lebih tipis juga.Kedalaman warna yang lebih tinggi dibandingkan LCD monitor sampai hampir mendekati warna aslinya. Kontras Rasio yang cukup tinggi perbandingannya dibandingkan dengan LCD monitor, misalnya sampai dengan 1.000.000 : 1.Tidak menggunakan bahan–bahan yang berbahaya bagi lingkungan, salah satunya tidak lagi menggunakan bahan elektronik yang mengandung mercury.

Layar Laptop saat ini hampir sudah mengadopsi teknologi ini !!

Share This Post :

0 Komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2015 KOMPUTER FiX. All Rights Reserved
Template Johny Wuss Responsive by Creating Website and CB Design Published By Kaizen Template